-->

Pindah Silang (Crossover)

PINDAH SILANG
Crossover adalah proses pertukaran fragmen kromatid non-saudara dari sepasang kromosom homolog. Peristiwa pindah silang sering terjadi pada setiap gametogenesis (peristiwa gametogenesis) di sebagian besar organisme (seperti tumbuhan, hewan, dan manusia). Crossover terjadi selama meiosis I (akhir profase I atau awal metafase I), yaitu, ketika kromosom disalin menjadi dua kromatid.
 
1. PINDAH SILANG TUNGGAL (Slide 1)
Crossover tunggal adalah crossover yang terjadi di satu tempat. Dengan persilangan, 4 jenis gamet terbentuk. Gen dari kedua gamet sama dengan gen induk (parent), dan disebut gamet parental. Dua gamet lainnya adalah gamet baru, dan merupakan hasil persilangan. Gamet ini disebut gamet rekombinan. Pembentukan gamet induk jauh lebih banyak daripada gamet rekombinan.

2. PINDAH SILANG GANDA (Slide 2)
Crossover ganda adalah crossover yang ditemukan di dua tempat. Jika persilangan ganda terjadi antara dua gen yang ditarik (misalnya gen A dan B), maka persilangan ganda tidak akan muncul dalam fenotipe karena gamet muncul hanya dari jenis induk atau hanya dari jenis induk. atau tipe parental dan tipe rekombinasi karena persilangan tunggal. Namun, jika ada gen ketiga antara gen A dan B, misalnya gen C, maka akan terjadi persilangan ganda antara gen A dan B.

#genetikadihati 
#gen21cs 
#iainsyekhnurjaticirebon 
#tadrisbiologi