-->

Google Classroom Salah Satu LMS Terfavorit di Masa Pandemi

  

    Pandemi Covid-19 mempengaruhi tatanan sektor kehidupan, salah satunya sektor pendidikan. Penerapan pembelajaran online menjadi solusi alternatif untuk mengakomodasi proses pembelajaran dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Aplikasi-aplikasi online dimanfaatkan secara masif untuk mendukung keberlanjutan proses pembelajaran. Pengimplementasian media-media online seperti multimedia, schoology, dan exe-media, serta media-media online lainnya, menjadi solusi ideal selama pandemi Covid-19. (Mustakim, 2020)
    Media pembelajaran lain yang telah banyak diterapkan pada proses pembelajaran yakni google classroom. Google classroom merupakan aplikasi yang dapat mendukung proses mengajar dan pembelajaran. Aplikasi ini sering digunakan sebagai pendukung pada proses pembelajaran konvensional, blended, maupun online. Selain itu, google classroom merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai Learning Management System (LMS) dan bersifat fleksibel, aplikasi ini dapat diimplementasikan pada materi saintik, sochum, dan materi-materi pembelajaran yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur dan fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh. (Putri and Dewi, 2019)
    Google Classroom adalah media pembelajaran online yang memungkinkan guru dan siswa untuk berkomunikasi secara online kapan saja, di mana saja. Google Classroom adalah jembatan bagi guru untuk membuat, berbagi, dan menilai tugas tanpa harus tatap muka. Google Classroom dapat mempermudah proses belajar mengajar antara guru dan siswa melalui internet.

Karakteristik Google Classroom

  1. Memanfaatkan jasa teknologi elektronik.  
  2. Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan computer networking)
  3. Menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) kemudian disimpan di komputer, sehingga dapat diakses oleh doesen dan mahasiswa kapan saja dan dimana saja.  
  4. Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer.
    Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kararkteristik pembelajaran daring melalui Google Classroom ini sangat fleksibel karena pembelajaran dapat dilakukan kapan saja serta mudah diakses oleh siapa saja dan di mana saja.

Kelebihan Google Classroom

1.     Proses setting pembuatan kelas yang cepat dan nyaman
     Proses pembuatan kursus di Google Classroom sangat cepat dan nyaman. Pengajar hanya perlu mengakses aplikasi Google Classroom untuk mulai membagikan tugas dan materi ajar. Pengajar dapat menambahkan daftar siswa atau membagikan kode unik yang memungkinkan akses ke kursus Google Classroom. Antarmuka Google Classroom lebih sederhana dan lebih mudah digunakan (user-friendly), sehingga sangat cocok untuk setiap guru dengan tingkat pengalaman e-learning yang berbeda.
2.     Hemat dan efisiensi waktu
    Siswa tidak perlu lagi mendownload PR yang diberikan oleh guru. Guru dapat membuat dan mendistribusikan file dokumen untuk siswa secara online, dan menggunakan aplikasi Google Classroom untuk memberi nilai, memberikan masukan, dan mengevaluasi semua tugas. Oleh karena itu, baik siswa maupun guru dapat menghemat waktu. Semuanya tanpa kertas, sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk pendistribusian dokumen fisik, siswa dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dengan benar secara online, lebih mudah untuk menyelesaikan sebelum batas waktu yang ditentukan, dan pembelajaran online dapat disesuaikan dengan jadwal.
3.     Mampu meningkatkan kerjasama dan komunikasi
    Salah satu manfaat terpenting menggunakan Google Classroom adalah kolaborasi online yang efisien. Guru dapat mengirimkan notifikasi kepada peserta atau siswa untuk memulai diskusi online atau menginformasikan aktivitas pembelajaran online tertentu. Di sisi lain, siswa memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik kepada rekan-rekannya dengan mengunggah postingan langsung ke diskusi di Google Classroom.
4.    Penyimpanan data yang terpusat
       Hanya di satu tempat, Google Classroom, semua pembelajaran terkonsentrasi di satu tempat. Siswa dapat melihat semua tugas mereka di folder tertentu, guru dapat menyimpan materi dan aktivitas e-learning untuk tahun ajaran di Google Drive, dan dapat melihat semua nilai di aplikasi. Kedua belah pihak tidak perlu khawatir kehilangan file atau penilaian, karena semuanya tersimpan di LMS Google Classroom ini.
5.    Berbagi sumber daya yang efisien, praktis dan cepat
     Guru dapat berbagi informasi dan sumber daya online dengan peserta secara real time. Guru tidak perlu memperbarui kursus e-learning atau mengirim email individual ke setiap siswa. Cukup dengan mengakses aplikasi Google Classroom dan guru dapat memberikan tautan ke sumber informasi dan materi e-learning lainnya untuk kepentingan siswa. Metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pembaruan tepat waktu terkait dengan kurikulum saat ini sehingga mereka dapat lebih memahami materi dan mengakses perangkat multimedia yang dapat meningkatkan pengalaman e-learning.
6.    Mudah Dalam Manajemen Tugas
    Apa yang sulit dilakukan di aplikasi lain adalah manajemen tugas. Siswa di kelas dapat belajar tentang materi guru dan pekerjaan rumah kapan saja. Tidak hanya notifikasi yang diberikan, notifikasi tersebut juga akan dikirimkan ke email. Oleh karena itu, siswa akan selalu tahu jika Anda memiliki pekerjaan rumah. Selain itu, guru dapat dengan mudah mengidentifikasi siapa yang telah menyelesaikan tugas. Dan siswa mudah mengerjakan PR. Lihat saja PR, lalu klik PR guru, lalu jawab. Cukup klik "serahkan" untuk mengumpulkannya.
7.    Tampilan Bebas Iklan
    Biasanya aplikasi gratis diiklankan di berbagai tempat, tetapi Google Classroom tidak. Terlihat bersih, meskipun gratis, tidak ada iklan. Padahal, Google selalu mengutamakan kenyamanan pengguna. Jadi dari mana Google mendapatkan uangnya? Tentu tidak perlu bertanya, karena Google punya seribu cara untuk menghasilkan uang

Kekurangan Google Classroom

1.     Sulit Dalam Melakukan Penilaian Di Versi Mobile
      Salah satu kekurangan dari Google Classroom sulit dalam melakukan penilaian, Tidak ada penilaian terhadap soal hanya melakukan penilaian dalam pengerjaan soal, tapi melakukan penilaian benar dan tidaknya jawaban  harus menggunakan aplikasi Google forms itupun hanya pada pilihan ganda.
2.    Tampilan Membosankan
      Google Classroom hanya untuk pengiriman materi, pemberian tugas, dan penilaian. Bagi sebagian orang yang terlihat kesepian, terkadang membosankan. Sejauh ini, Google belum menambahkan fitur apa pun, meskipun basis penggunanya terus bertambah.
3.     Saat Google Drive Penuh file tidak bisa dikirim
     Kelemahan dan kelemahan Google Classroom yang sangat terlihat adalah jika Google Drive kita penuh maka file atau dokumen yang kita kirim ke guru menjadi error dan tidak terkirim. Ini sangat mengganggu siswa dan menyebabkan dia membeli drive baru atau menginstal penyimpanan cloud atau penyimpanan cloud baru. Kemudian terhubung ke Google Classroom sebelum menggunakan Google Classroom sehingga dapat digunakan

Cara Penggunaan Google Classroom

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru:

A.    Membuat Kelas
  1. Pertama, Login atau masuk ke aplikasi Google Classroom yang telah didownload atau buka di laman classroom.google.com
  2. Lalu pada layar akan muncul sejumlah pilihan, di bagian layar atas ada menu “Classes page”, kemudian klik “Add”, lalu klik “create class”.
  3. Lalu pada layar tersebut akan menampilkan formulir yang isinya kelas, subjek kelas, sesi kelas dan ruangan.
  4. Langkah berikutnya, isi formulir tersebut, Lalu klik “create” maka kelas berhasil kamu buat.
B.    Mengundang Siswa
  1. Pertama, pilih kelas yang bakal dibagikan
  2. Lalu, lihat bagian kiri bawah judul kelas ada menu “Kode Kelas”, klik kode tersebut.
  3. Setelah itu, kamu copy kode tersebut dan bagikan ke para siswa
C.    Membuat Tugas
  1. Pertama pada menu klik “Tugas Kelas”, dan pilih “Tugas”
  2. Kemudian isi judul tugas beserta petunjuk pengerjaannya
  3. Apabila anda tidak menambahkan materi atau melampirkan file, kamu klik saja menu “Tambahkan”
  4. Setelah itu, masuk ke bagian setting lalu atur ketentuan tugas seperti poin, dan batas waktu pengerjaan
  5. Apabila semua sudah selesai, klik “Tugaskan”
D.    Memposting materi
  1. Pertama pada menu klik “Tugas Kelas”, dan pilih “Materi”
  2. Kemudian isi judul dan deskripsi materi tersebut
  3. Lalu klik “Tambahkan” untuk melampirkan materi atau file dari link, file, google drive, atau pun youtube
  4. Kemudian masuk ke bagian setting dan atur mau ditujukan kepada siapa saja materi dan topik tersebut.
E.    Melihat Tugas yang Dikirimkan
  1. Pada menu klik “Tugas Kelas”, dan pilih atau klik “Tugas”
  2. Kemudian pada menu tersebut akan ditampilkan detail tugas, kemudian klik “Diserahkan”
  3. Lalu akan muncul data atau file jawaban dari siswa yang telah menyerahkan tugas
  4. Anda tinggal Klik file tersebut, dan lalu berikan penilaian atau tanggapan.
  5. Jika telah selesai, klik menu atau tombol “Kembalikan”

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa:

A.    Bergabung kelas
  1. Pertama Login atau masuk ke aplikasi Google Classroom yang telah didonwload atau masuk ke laman classroom.google.com
  2. Lalu pilih tanda “+” yang berada di atas sudut kanan dan pilih “Gabung Kelas”
  3. Setelah itu, masukkan kode kelas yang telah diberikan guru dan klik “Gabung”
B.    Mengirim tugas
  1. Pada menu klik “Tugas Kelas”, kemudian pilih tugas yang akan kamu kerjakan
  2. Setelah itu, bakal muncul detail tugas-tugas yang bisa dipilih, lalu klik “Lihat Pertanyaan” untuk jawab pertanyaan.
  3. Kemudian kamu bakal diarahkan ke halaman pertanyaan, kamu pun bisa menjawabnya pada kolom yang telah disediakan.
  4. Apabila sudah selesai menjawab atau mengerjakan, klik “Serahkan” dan selesai.
    Itulah tata cara menggunakan Google Classroom untuk guru dan juga para siswa. Untuk diketahui aplikasi Google Classroom ini dalam penggunaannya tidak berbayar alias gratis. Namun ada syarat yang mesti dimiliki pihak sekolah, yakni sekolah harus memiliki akun G Suite for Education dan para siswa memiliki akun google.  Demikian, semoga artikel yang kami buat bermanfaat, terimakasih.